Thursday, February 20, 2014

Waspada Terhadap Investasi Dengan Hasil Menakjubkan

Banyak investor memanfaatkan investasi emas sebagai ladang keuntungan yang menggiurkan. Logam mulia  dengan harga yang cukup stabil dalam jangka pendek namun juga bisa mengalami kenaikan signifikan dalam jangka panjang, mengikuti atau melebihi tingkat inflasi. Tidak sedikit perusahaan di Indonesia bergelut dalam investasi emas dengan menawarkan produk seperti HKK50/HKK5U (Hang Seng Index Futures) di Hong Kong Exchanges and Clearing Limited (HKEx)., JPK50/JPK5U ( Nikkei 225 yang diperdagangkan di Singapore Exchange (SGX) dan berlegalitas Kementrian perdagangan RI (BAPPEBTI).

Cukup banyak kita mendengar perusahaan investasi berulah nakal alias melakukan tindak penipuan dengan menawarkan nilai return tinggi atas penanaman modal. Banyak orang Indonesia yang tergiur atas tawaran investasi dengan hasil menakjubkan. Mereka berpikir akan cepat kaya dengan sangat mudah. Selain itu tingkat pengetahuan dan pendidikan tentang uang dan investasi penduduk Indonesia masih sangat rendah, sehingga mudah tergiur dan tertipu.

Beberapa kali saya sendiri menerima penawaran dari beberapa perusahaan investasi emas. Entah dari mana mereka mendapat informasi nomor handphone saya. Semuanya meminta waktu untuk bertemu meski cuma 15 menit dengan alasan memberikan penjelasan secara rinci tentang penawaran investasi logam mulia. Saya sendiri tidak pernah tergoda apalagi tertarik dengan investasi online, bagi saya ada uang ada barang. Uang 100jt untuk penanaman modal awal pada investasi yang mereka tawarkan, lebih baik uang sebesar itu dibelikan tanah, investasinya jelas sebab barangnya juga tersedia.

Artikel ini saya posting, semata untuk mengingatkan teman dan sahabat semua, yang mungkin pernah atau suatu saat ditawari investasi online. Jangan gampang tergiur dengan return tinggi, biasanya itu cuma lips service. Berhati-hatilah jika diminta untuk bertemu dengan para pelaku investasi emas dan investasi lainnya ( bukan bersuudzon ) sebab sudah banyak korban penipuan dihipnotis melakukan kerja sama dengan penanda tanganan surat yang berlegalitas. 

Berikut initTips menghadapi tawaran investasi dengan return tinggi ( sumber : http://www.wealthindonesia.com ):

1. Jangan percaya dengan investasi yang berkata PASTI untung sekian persen. Dalam investasi tidak ada sesuatu pun yang pasti, kecuali investasi yang returnnya rendah seperti tabungan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai nilai tertentu.
2. Investasi yang ada unsur rekrutan seperti MLM sangat berbahaya, karena akan mengarah kepada skema ponzi.
3. Periksa apakah yang menawarkan investasi tersebut memiliki kantor yang jelas dan badan hukum yang jelas. Tapi jangan lupa yang resmi pun akan bisa bermasalah, misalnya perusahaan yang menawarkan investasi emas dan menjajikan return bulanan. Bagaimana jika harga emas jatuh 50% seperti yang pernah terjadi dahulu kala? Perusahaan mungkin akan bangkrut.  

0 comments:

Post a Comment