Thursday, October 24, 2013

Merawat Radiator Supaya Awet Mobil Motor

Merawat radiator perlu diperhatikan agar radiator itu tetap awet dan tidak gampang rusak. Merawat radiator sendiri sebenarnya tidak begitu susah dan tidak merepotkan. Selain itu kita tentu ingin agar radiator kita tetap awet dan tidak gampang rusak. Jika radiator kita awet tentunya akan membuat kita tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli radiator yang baru. Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita merawat radiator supaya awet.


Radiator sendiri merupakan komponen yang cukup penting. Fungsi utama radiator adalah menjaga agar suhu mesin tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebihan. Panas yang berlebih pada mesin mempunyai efek yang buruk pada mesin dan sangat mengganggu kinerja mesin itu sendiri. Oleh karena itu kita harus merawat radiator kita agar kinerja nya tetap terjaga sehingga kinerja mesin kita sendiri juga tetap maksimal.

Pada saat ini radiator selain di mobil juga banyak terdapat di motor seperti misalnya pada Yamaha xeon injeksi. Selain motor jenis skutik, motor sport pun juga ada yang menggunakan radiator seperti misalnya Yamaha vixion. Baik di mobil maupun motor, radiator kita tetap harus mendapatkan perawatan agar mesin kita sehat dan tidak overheat.

Cara merawat radiator :
  • Merawat radiator dengan cara selalu memperhatikan cairan cadangan. Lakukan pengecekan minimal seminggu sekali. Isi cadangan cairan sesuai batas upper dan lower. Jika kita mengisi diatas batas atas dapat menyebabkan cairan meluap ketika panas dan malah menyebabkan kurangnya cairan. 
  • Merawat radiator dengan mengisi radiator menggunakan cairan khusus (coolant) karena mengandung bahan pencegah karat, kerak, mengurangi penguapan dan stabilitas suhu. Cairan khusus radiator ini selain bagus untuk radiator juga efeknya ke mesin juga bagus karena otomatis mesin lebih dingin dikarenakan kinerja radiator yang baik. Jangan menggunakan air murni karena karena tidak punya sifat seperti coolant kendati daya hantar panasnya lebih baik. 
  • Merawat radiator dengan memperhatikan tutup radiator terutama pada karet radiator. Tanda utama tutup radiator kita perlu mendapat perhatian ekstra ketika isi tangki cadangan berkurang dengan cepat dimana hal itu berarti ada masalah pada sistem pendinginan. Kemungkinan ada kebocoran pada tutup (tidak rapat atau sil karet getas) atau kisi-kisi radiator retak dan robek. 
  • Merawat radiator dengan membersihkan radiator secara rutin. Kotoran yang menempel pada kisi-kisi membuat sirkulasi udara terganggu. Kita dapat membersihkan kisi radiator tersebut dengan semprotan air bertekanan sedang dikarenakan tekanan tinggi malah dapat merusak kisi – kisi radiator tersebut. Jika ada kotoran membandel, cabut dengan pinset atau mungkin sikat dengan sikat gigi yang lembut.

Demikian artikel Merawat Radiator Supaya Awet | Mobil Motor yang berisikan cara merawat radiator supaya awet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin radiator mobil atau radiator motor nya tetap awet dimana hal tersebut dapat diperoleh dengan cara merawat radiator.

0 comments:

Post a Comment